Quadro vs GeForce

Pada perangkat Workstation, GPU server atau PC desktop membutuhkan GPU (Graphic Processing Unit) card untuk dapat mengolah, menghasilkan dan menampilkan gambar dengan kualitas tinggi sesuai keinginan pengguna. Banyak jenis dan merek GPU yang bisa didapatkan dipasaran contoh GPU dari Nvdia dan GPU dari AMD. 

Pada halaman ini akan membahas tentang GPU card dari Nvdia karena menurut penulis GPU ini paling umum ditemui pada perangkat Workstation

Perlu diketahui bahwa Nvdia memiliki dua brand GPU untuk mengolah dan menampilkan gambar yaitu Nvdia Quadro dan Nvdia GeForce yang kesemuanya dapat digunakan untuk general purpose computation (GPGPU), akan tetapi tidak semua GPU Nvdia menawarkan performa yang sama atau fitur yang sama. Penulis juga sering ditanya dengan pertanyaan yang sering ditanyakan tentang tentang GPU yaitu "Apa perbedaan utama antara Nvdia GeForce dan Nvdia Quadro ?". Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat membaca perbedaan antara Nvdia Quadro dan Nvidia GeForce di bawah ini :

Perbedaan Quadro dan GeForce:
1. Awal memperkanalkan GPU, Nvdia memperkenalkan dua brand yaitu Nvidia Quadro untuk professional workstation dan Nvidia GeForce untuk consumer.

2. Quadro board dibuat oleh Nvdia sedangkan GeForce dibuat oleh beberapa manufacture atau pabrik yang hanya membeli chip GPU nya saja dari Nvdia.

3. Dari sisi perangkat keras Quadro memiliki integritas listrik lebih baik karena memiliki lapisan emas lebih tebal pada konektor PCI-e. Quadro menggunakan 30 mikro-inci lapisan emas sedangkan GeForce biasanya hanya menggunakan setengahnya saja.

4 Quadro memiliki fitur hardware accelerate anti aliased point and lines pada perangkat GPU. Sedang perangkat keras Geforce tidak memiliki fitur ini. Banyak apllikasi workstation kususnya CAD menawarkan opsi untuk menggunakan antialias titik dan garis, kadang disebut sebagai wireframe. Gambar 1 menunjukan perbedaan menggunakan GPU yang mendukung fitur hardware accelerate point and line antialiased dan tanpa fitur tersebut. 

Non-Antialiased vs Line Antialiased
Gambar 1. Non-Antialiased vs Line Antialiased


Menggunakan GPU card yang memiliki fitur antialiased line pada perangkat GPU membuat desain garis dan titik lebih halus terutama pada garis melengkung atau miring.

5. Quadro memiliki fitur Hardware Accelerate Clip Region yang membantu mengelola transfer data antara window dan penyangga keseluruhan frame buffer daerah klik (Clip Region). Nvdia Quadro mendukung hingga delapan clip region sedangkan Nvdia GeForce hanya mendukung satu Clip Region

Saat sebuah jendela tidak memiliki jendela yang tumpang tindih, seluruh isi buffer warna dapat ditransfer ke frame buffer dalam satu wilayah persegi. Namun saat jendela windows tumpang tindih, transfer data dari buffer warna ke frame buffer harus dipecah menjadi serangkaian persegi panjang yang lebih kecil dan terputus antara satu sama lain. Daerah persegi yang muncul pada layar disebut Clip Region. Gambar 2 menunjukan daerah yang membutuhkan clip region dan membutuhkan clip region.
Window overlapping dan efek pada jumlah clip region
Gambar 2. Window overlapping dan efek pada jumlah clip region 
6. Nvidia Quadro memiliki fitur Hardware accelerate Clip Planes yang mengijinkan sisi dari  sebuah geometri untuk dipotong sehingga pengguna dapat melihat bagian dalam objek yang solid. 
Clip plane dengan efek two-sided lighting
Gambar 3. Clip plane dengan efek two-sided lighting


7. Nvidia Quadro dioptimalkan untuk menangani beberapa jendela atau accelerated window sedang Nvdia GeForce diptimalkan untuk mendapatkan FPS (Frames per Second) tertinggi satu layar penuh pada game. Driver Quadro secara otomatis mendeteksi aplikasi dan menggunakan pengaturan terbaik. Quadro mendukung semua pengembang aplikasi workstation seperti Adobe, Ansys, Autodesk, Avid, Newtek, Bentley, Dassault, Paradigm, dll.


8. Quadro software mendukung multi GPU dimana dalam satu perangkat workstaion memiliki lebih dari satu GPU untuk melakukan tugas yang berbeda. Contoh satu GPU digunakan untuk bekerja di Maya, satu atau lebih Tesla digunakan untuk membuat gambar yang sedang Anda kerjakan tanpa mengganggu alur kerja rendering sementara. 


Dari penjelasan di atas semoga dapat membantu Anda memahami dalam memilih GPU card untuk keperluan Anda apakah untuk desain atau keperluan biasa atau bermain game.

Sumber-sumber :
  1. https://www.servodata.com.pl/hardware/pny/quadro/articles/Professional%20Advantage%20-%20Quadro%20vs%20GeForce.pdf
  2. https://www.servodata.com.pl/ftp/pny/quadro/Quadro_vs_GeForce0309.pdf

Posting Komentar

0 Komentar