Konfigurasi Bridge pada CentOS

Konfigurasi Network Bridge pada CentOS

Konfigurasi bridge atau bridging adalah digunakan agar satu port device NIC bisa diakses atau digunakan oleh banyak aplikasi pada network yang berbeda satu sama lain, dan kususnya disini diperuntukan untuk virtualisasi. Jadi agar virtual machine bisa mengkases LAN atau NIC fisik sebuah server atau komputer , LAN atau NIC tersebut harus dikonfigurasi sebagai bridge, jika tidak maka virtual machine tidak akan bisa mengakses jaringan pada port NIC.
Untuk melakukan instalasi bridge ketikan perintah  “yum -y install bridge-utils“.
Setelah brigde-utils sudah diinstal, maka lakukan konfigurasi bridge seperti dibawah ini :
  1. Masuk ke linux dengan privilege root.
  2. Buat file ifcfg-br0 dengan perintah “nano /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-br0
  3. Isikan “DEVICE=br0”, “ONBOOT=yes”, “TYPE=Bridge”, “IPADDR=<IP server>”,”NETMASK=<netmask server>”, “GATEWAY=<gateway>”, dan parameter penting lain untuk jaringan jika dibutuhkan seperti MTU dan DNS. Simpan konfigurasi dengan menekan <CTRL><X> bersamaan, lalu tekan huruf “Y” pada keyboard lalu tekan <Enter>.  

  4. Ubah konfigurasi pada file yang berhubungan dengan NIC contohnya eth0 dengan perintah “nano /etc/sysconfig/network-script/ifcfg-eth0“, lalu tekan <Enter>. Isikan konfigurasi seperti gambar di bawah, lalu simpan dengan menekan <Ctrl><X> , kemudian tekan <Y> lalu tekan <Enter>.  

  5. Restart service network dengan perintah “service network restart“.
  6. Untuk melihat apakah konfigurasi bridge benar atau tidak ketikan “ifconfig“. Jika muncul br0 maka konfigurasi benar.
EoF

Posting Komentar

0 Komentar